Cara membuat Toko Online Menggunakan WooCommerce dan StorePep

da beberapa cara untuk menghasilkan uang secara online, tetapi salah satu yang terbaik dan termudah adalah dengan menjalankan toko online. Ini adalah salah satu cara yang telah terbukti untuk memperkenalkan produk Anda ke banyak orang pada saat yang bersamaan.

Toko eCommerce memiliki banyak keunggulan dibandingkan toko fisik, tetapi sebagai pemula, bagaimana dan dari mana Anda memulai jika Anda memiliki sedikit atau tidak sama sekali pengetahuan tentang membangun situs web, menjual produk, pengiriman, pelacakan, dan pemenuhan pesanan pelanggan.

Cara Membuat dan Menjalankan Toko Online Menggunakan WooCommerce dan StorePep

Oh well, ini mungkin kedengarannya luar biasa tetapi tidak perlu khawatir, artikel ini menjelaskan cara mengatur toko Anda menggunakan WooCommerce, dan mengirimkan produk Anda menggunakan StorePep (StorePep adalah solusi satu atap untuk semua kebutuhan logistik Anda).

Saya harus mengatakan bahwa menyiapkan toko dan pemenuhan pelanggan Anda akan cukup mudah jika Anda mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini. Pertama:

Dapatkan Nama Domain dan Hosting Web

Untuk membuat toko online yang Anda inginkan menggunakan WooCommerce , Anda akan memerlukan nama domain dan platform hosting web. Nama domain adalah alamat web unik toko Anda. Contoh www.unair.id sementara platform web hosting membantu Anda menyimpan situs web Anda bagi mereka yang ingin mengunjunginya. Coba pilih nama domain yang sederhana, jelas dan mudah diingat.

Ada banyak domain dan penyedia hosting web yang bagus dan dapat diandalkan. Anda dapat mencoba Masterweb, idwebhost, Niagahoster. Atau lebih baik lagi, Anda dapat melakukan riset kecil pada penyedia layanan yang berbeda. Harga mereka, respons layanan pelanggan, waktu aktif, bantuan / forum online, keamanan, dan banyak lagi untuk membantu keputusan pembelian Anda. Setelah membeli layanan pilihan Anda, sekarang saatnya untuk menginstal WordPress.

Instal WordPress dan WooCommerce

Instal WordPress di akun Anda yang dihosting. Anda mungkin berpikir … mengapa WordPress? Yah, WordPress adalah sistem manajemen konten open-source gratis. Ini fleksibel, dapat disesuaikan, dan ramah pemula. Anda dapat membangun hampir semua jenis situs web di WordPress. Terlebih lagi, WordPress memiliki beragam tema, plugin, dan alat yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan situs Anda.

Instal WordPress dan WooCommerce di situs web Anda.

WooCommerce adalah solusi plugin eCommerce untuk kebutuhan toko online Anda. Setelah diinstal, ia menambahkan semua fungsi eCommerce yang berguna ke toko online Anda, seperti opsi checkout, halaman produk, sistem pembayaran, dan banyak lagi. Karena banyak opsi dan pengaturan yang bermanfaat. Anda akan mudah men-tweak toko Anda untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Halaman-halaman toko penting yang perlu Anda buat meliputi:

  • Berbelanja : tempat produk Anda ditampilkan.
  • Troli : tempat pelanggan melakukan penyesuaian pada pesanan mereka sebelum melanjutkan ke checkout.
  • Checkout : pelanggan membuat pilihan metode pengiriman / pengiriman dan melakukan pembayaran untuk pesanan mereka.
  • Akun Saya : tempat pelanggan mendaftar, membuat akun, dan memiliki profil tempat mereka dapat melihat semua aktivitas mereka di toko Anda dan mengelola detailnya.

Memahami Pajak Penjualan dan Diskon

Modul pajak WooCommerce cukup sederhana untuk setiap pemula. Pajak Anda didasarkan pada lokasi toko Anda dan kewajiban hukum dari basis toko Anda. Apakah Anda ingin agar pajak Anda inklusif atau eksklusif? Jika Anda memutuskan pajak eksklusif, harga produk Anda tidak termasuk pajak. Pajak hanya menjadi komponen harga tambahan selama proses checkout.

Anda juga dapat menentukan harga diskon untuk setiap produk, durasi diskon, yaitu tanggal awal dan akhir diskon. Jadi selama periode tertentu, pengguna dapat memesan atau membeli produk dengan harga diskon.

Metode pembayaran

WooCommerce memberikan Anda banyak pilihan pembayaran online dan fleksibilitas dalam hal rencana pembayaran toko online. Lagi pula, apa itu toko online tanpa kemampuan untuk menerima pembayaran online? Anda dapat memilih Paypal, Stripe, Proses Checkout untuk kupon diskon dan checkout pelanggan, Cash on delivery, dan banyak lagi.

WooCommerce mencakup banyak opsi pembayaran dan fleksibilitas online.

Pembayaran online paling populer adalah PayPal dan Stripe. Adalah penting bahwa situs Anda terintegrasi dengan keduanya. Namun, ketika memilih gateway pembayaran, pilih:

  • Yang dengan keamanan 100% untuk memastikan pemrosesan pembayaran yang aman.
  • Gateway nyaman yang beroperasi di lokasi Anda.
  • Orang yang biaya pemrosesannya cocok untuk Anda.
  • Gateway pembayaran yang memungkinkan Anda untuk menjual produk secara berulang.

Menambahkan Produk Anda

Sekarang, toko online Anda hampir siap. Anda perlu menambahkan produk dan proses ini telah disederhanakan dengan WooCommerce. Buka dasbor Anda untuk mulai mengunggah produk di situs:

  • Tambahkan nama produk Anda.
  • Deskripsi produk: Di sini Anda dapat menulis teks sebanyak yang Anda inginkan tentang produk. Dan karena fleksibilitas WordPress, Anda dapat menambahkan gambar, video, judul … apa saja yang Anda suka.
  • Bagian Data Produk Pusat: Di sini, Anda dapat mengatur jenis produk yang Anda tambahkan. Di bawah bagian ini, ada tab untuk memasukkan berbagai parameter produk. Kamu punya:

– Umum : Ini untuk menetapkan harga dan pajak produk.

– Inventaris : Kelola berbagai level stok Anda.

– Pengiriman : Mengatur dimensi, berat, dan biaya pengiriman.

– Produk Tertaut : Bagian ini digunakan untuk meningkatkan penjualan, misalnya, “Pelanggan yang membeli ini juga membeli …”

– Atribut produk : Sesuaikan atribut produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual atasan, Anda dapat mengatur warna alternatif di sini.

– Lanjutan : Pengaturan tambahan apa pun.

– Deskripsi singkat : Ini seperti teks ringkasan produk pada halaman produk.

– Kategori produk : Di sini, produk serupa dikelompokkan bersama.

– Tag produk : Ini adalah cara untuk membantu mengatur produk Anda.

– Gambar produk : Gambar utama produk Anda.

– Galeri produk : Di sini, Anda dapat menambahkan lebih banyak gambar ke produk yang sama untuk menampilkan keindahan produk.

Gunakan proses ini untuk mengunggah semua produk yang ingin Anda jual.

Pilih Tema Anda

Anda telah mengunggah produk Anda, dan toko online Anda sudah siap, Anda siap untuk mulai menjual. Sebelum mulai menjual, Anda harus memilih tema yang cocok untuk Anda dan merek Anda. Tema WooCommerce default yang disebut Storefront berfungsi dengan sangat baik, dan gratis. Sudah cukup untuk membantu Anda memulai, atau Anda mungkin ingin pergi dengan tema WooCommerce lainnya yang dioptimalkan. Apa pun yang Anda putuskan, pastikan masing-masing halaman toko terlihat hebat. Memastikan bahwa:

  • Desain toko Anda sederhana dan jelas.
  • Konten pusat (gambar) harus menarik; itu harus menarik perhatian pengunjung Anda sekilas.
  • Toko Anda responsif dan dioptimalkan untuk perangkat seluler karena kebanyakan orang memiliki ponsel cerdas dan akan mengunjungi situs Anda secara hidup-hidup melalui telepon pintar mereka. Jika mereka memiliki pengalaman yang membuat frustrasi, mereka kemungkinan besar tidak akan kembali.
  • Toko Anda harus mudah dinavigasi.
  • Hindari kekacauan dan memasukkan merek Anda ke seluruh toko online Anda. Gunakan elemen merek Anda seperti logo, slogan, font, warna, dan sebagainya.

Pesanan, Penjualan, dan Pengiriman

Ketika seorang pelanggan melakukan pemesanan. WooCommerce mengurangi inventaris, menerima pembayaran, dan memperbarui status pesanan. Anda dapat melihat pesanan yang dilakukan oleh pelanggan di dasbor Anda. Setiap pesanan ditandai oleh id pesanan unik, di samping perincian pesanan dan status pesanan.

Pengiriman dan Pemenuhan Pesanan

Proses menyimpan inventaris, memproses pesanan, dan mengirimkan barang ke pelanggan dikenal sebagai pengiriman dan pemenuhan pesanan. eBisnis  – commerce . Anda berkembang pesat karena proses pengiriman dan pemenuhan pesanan Anda – seberapa cepat pelanggan Anda menerima produk mereka? Seberapa terjangkau operator Anda? Bagaimana pelanggan melacak pesanan mereka dalam perjalanan? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini adalah kunci keberhasilan bisnis toko online Anda.

Pemenuhan pesanan mengacu pada semua aktivitas yang melibatkan pengiriman produk Anda ke pelanggan. Ini dimulai dengan menerima produk, menyortir, dan menyimpan inventaris untuk pengambilan dan pengiriman yang efisien. Ketika pelanggan Anda terus mengunjungi toko online Anda dan memesan produk Anda. Produk-produk ini dipilih, diperiksa keakuratannya, dikemas dengan benar, dan diberi label untuk pengiriman.

Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan StorePep pada platform ecommerce Anda.

Bagi seorang pemula, proses ini bisa memakan waktu, luar biasa, dan padat karya. Coba tebak … sama sekali tidak perlu melakukannya sendiri. Anda dapat mengintegrasikan StorePep ke dalam platform ecommerce Anda. Selain itu, StorePep adalah solusi satu atap untuk semua kebutuhan pengiriman Anda. Bagaimana cara kerja StorePep?

  • Ketika seorang pelanggan memesan suatu produk, itu dikirimkan ke StorePep secara otomatis melalui API Entri Pesanan kami. Tanggung jawab kami adalah memastikan produk Anda sampai ke pelanggan tepat waktu dan aman sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada aspek-aspek lain dari bisnis Anda yang berlomba-lomba mencari perhatian Anda.
  • StorePep membantu Anda melacak pesanan Anda secara proaktif dengan menarik konfirmasi pesanan dan informasi terkait pengiriman dan ini termasuk pemenuhan sebagian.
  • StorePep membantu pelanggan Anda mendapatkan tarif pengiriman real-time selama checkout berdasarkan kombinasi pergudangan, pengemasan, dan operator yang termurah dan paling hemat biaya.
  • Hasilkan label pencetakan, lacak pesanan pelanggan selama transit. Dapatkan pemberitahuan tentang status pesanan, dan secara otomatis memperbarui status pesanan jika selesai.

Mesin toko online yang berhasil adalah pengiriman dan pemenuhan pesanan tepat waktu dan akurat. Ini membantu bisnis Anda untuk tetap terdepan dalam dunia kompetitif e-commerce.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas. Anda sepenuhnya siap dan siap untuk mulai menjual. Dengan ketersediaan Sistem Manajemen Konten dan platform e-niaga, membuat situs e-niaga Anda menjadi lebih mudah. Memiliki pengetahuan seorang programmer atau ahli komputer untuk mencapai hal ini tidak lagi diperlukan. Anda bisa melakukannya sendiri! Dan selalu ingat untuk tetap dengan apa yang cocok untuk Anda.

Tinggalkan Balasan